Praktika Lintas Bidang

 PRAKTIKA LINTAS BIDANG
-----------------------------------------------
ANGGITO FADHILAH KAUTSAR
7C
(8)
-----------------------------------------------



1. Artefak Komputasional

Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan melalui pemikiran komputasional, seperti kode program, aplikasi, foto/gambar, audio, video, dan sebagainya. Pengembangan artefak ini melibatkan proses kreatif dengan menggunakan teknik komputasi dan perkakas untuk memecahkan masalah tertentu. Contohnya termasuk pengembangan mesin hitung di kasir, pembuatan animasi yang indah, dan lainnya. Tools pengembangan seperti IDE, aplikasi video editing, dan bahasa pemrograman digunakan dalam proses pengembangan. Kolaborasi melalui alat seperti Google Drive atau GitHub juga memainkan peran penting. Artefak komputasional dapat berwujud fisik seperti robot, drone, atau berupa perangkat lunak seperti aplikasi sosial media atau platform e-commerce. Pada aktivitas ini, perkakas pengembangan yang digunakan adalah Makey Makey.

2. Starter Makey Makey

Makey Makey adalah papan sirkuit elektronik yang diciptakan oleh Eric Rosenbum dan Jay Silver. Nama "Makey Makey" berasal dari kata "make" dan "key" yang berarti "membuat" dan "kunci/tombol". Papan ini dapat terhubung ke komputer dan berfungsi seperti keyboard. Dengan menggunakan Makey Makey, kita dapat menggunakan benda-benda di sekitar kita yang bersifat konduktor sebagai alat masukan ke komputer. Benda-benda tersebut bisa berupa buah-buahan seperti pisang, tomat, atau apel untuk bermain piano, atau daun basah untuk bermain game. Makey Makey memungkinkan kita untuk berkreasi dan menggunakan imajinasi kita untuk menciptakan interaksi yang unik dengan teknologi komputer.

3. Bagian Bagian Dari Makey Makey

Makey Makey sebagai papan sirkuit yang dapat menggantikan keyboard memiliki enam lubang masukan bukan ground dan enam lubang ground di bagian depan papan. Lubang bukan ground di bagian depan tersebut dapat digunakan untuk menggantikan tombol panah atas, panah kiri, panah bawah, panah kanan, spasi, dan klik. Lubang tersebut dapat dihubungkan dengan klip buaya. Papan Makey Makey memiliki 12 masukan lainnya di bagian belakang, 6 untuk tombol keyboard, dan 6 untuk gerakan mouse, yang dapat diakses dengan jumper/kabel bantuan. Gambar 9.1 dan Gambar 9.2 menunjukkan bagian depan dan bagian belakang papan sirkuit Makey Makey

4. Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey

Pada aktivitas ini, Anda akan menggunakan Makey Makey dan peralatan sederhana di sekitar Anda untuk mengembangkan artefak komputasional yang dapat membangkitkan suara atau nada musik. Artefak tersebut akan diuji sesuai dengan spesifikasinya yang telah ditetapkan sebelumnya. Suara atau audio adalah getaran yang ditransmisikan sebagai gelombang akustik melalui udara, air, atau zat padat. Komputer dapat menghasilkan suara menggunakan metode seperti synthesizer yang membangkitkan audio dengan berbagai teknik sintesis. Pada aktivitas ini, Anda akan menghubungkan tombol keyboard dengan media sehari-hari seperti kertas berarsir grafit atau gelas berisi air berwarna untuk memicu dan menghasilkan nada musik.



Sekian penjelasan dari kami mengenai Praktika Lintas Bidang

TERIMA KASIH!



Comments

Popular posts from this blog

About Anggito Fadhilah Kautsar