Tentang Informatika
---Informatika---
#1 Apa itu
Informatika?
Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan,
dan
pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang
menjadi dasar
perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan
dengan
pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk
menyelesaikan
masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan
istilah dalam
bahasa Inggris informatics, computing, atau computer
science.
Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya
dalam
pengembangan Sistem Komputer. Apa itu komputasi? Menurut
KBBI,
komputasi adalah: (1) penghitungan dengan menggunakan
komputer; (2)
dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan
bilangan-bilangan
atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan
langkah yang
diberikan.
Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan
berpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini
merupakan
suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat
keras, perangkat
lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan
persoalan. Moda
berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan
teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis,
memodelkan, dan
menyelesaikan persoalan. Siswa yang belajar informatika akan
mendalami
bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi, baik yang
mengandung
komputer maupun tidak.
#2 Perubahan
Informatika
Setelah melalui perkembangan lebih dari 20 tahun,
Informatika telah
menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini sudah berdiri
sendiri. Informatika
dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu yang tersendiri
karena membawa
seseorang ke suatu cara berpikir yang unik dan berbeda dari
bidang ilmu
lainnya (computational thinking), sudah tahan lama (ide dan
konsepnya sudah
berusia 20 tahun atau lebih, dan masih terpakai sampai
sekarang), dan setiap
prinsip inti dapat diajarkan tanpa bergantung pada teknologi
tertentu.
Semula, Informatika hanya diajarkan di tingkat perguruan
tinggi. Sekarang,
di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, informatika
sudah mulai
diajarkan di tingkat pendidikan dini, dasar, dan menengah.
Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut
Industri 4.0. Dalam
Industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan
memanfaatkan
mesin cerdas berbasis komputer dan internet. Masyarakat
sekarang ini
disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0) karena hidup di dunia
isik sekaligus di
#3 Apa yang
dipelajari dalam Informatika
Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong
kalian untuk
mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk
menghasilkan penemuan
(invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kalian
diharapkan mampu
mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya
untuk memahami
dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan
perangkat lunak
yang memudahkan kehidupan. Dengan mengombinasikan prinsip,
praktik,
dan penemuan (principles, practice, and invention), kalian
akan menjadi
kreatif dan merasakan manfaatnya. Karena tidak hanya
teoretis, penerapan
informatika akan memberikan “surprise”, baik karena akan
berefek bahwa
produk menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan berfungsi
dengan baik
secara intelektual, bahkan dapat memunculkan seni keindahan
(“that is so
beautiful”).
Kalian akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan
informatika, yang dikelompokkan menjadi Berpikir Komputasional Teknologi
Informasi
dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan
Komputer dan
Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan
Pemrograman (AP),
Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang
(PLB). Dalam
bahasa Inggris, bidang itu disebut: Computational Thinking
(CT), Information
and Communication Technology (ICT), Computing System (CE),
Computer
Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithms &
Programming (AP), Social
Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP).
Gambar 1.1 berikut
ini menggambarkan bidang-bidang pengetahuan atau elemen
pengetahuan
informatika tersebut.
#4 Apa yang Dipelajari di Kelas VII?
Di akhir kelas VII nantinya, para guru berharap kalian akan
mampu
melakukan beberapa hal berikut ini.
Agar kalian bisa menyiapkan diri menghadapi masa depan
dengan
kemampuan yang mencukupi, dalam mata pelajaran Informatika
ini,
kalian akan belajar hal-hal berikut ini.
1. Berpikir Komputasional: dalam materi ini, kalian akan
belajar
menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di
baliknya
mengandung berbagai macam konsep keilmuan seperti
informatika,
matematika, sains, atau ilmu sosial.
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini,
kalian
akan belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via
surel,
menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta
mengelola ile
dalam folder.
3. Sistem Komputer: dalam materi ini, kalian akan belajar
mengenai
deinisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi,
bagian-bagian
utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan
perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.
4. Analisis Data: dalam bagian ini, kalian akan belajar
tentang pengelolaan
dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.
5. Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, kalian akan
belajar membuat program dengan menggunakan blok visual untuk
menghasilkan suatu karya kreatif.
6. Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, kalian akan
belajar
mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif
maupun
negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan
seharihari.
#5 Apa
harapan para guru?
Di akhir kelas VII nantinya, para guru berharap kalian akan
mampu
melakukan beberapa hal berikut ini.
1. Menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan
persoalanpersoalan sehari-hari.
2. Memahami sejarah perkembangan, peranan, dan dampak
teknologi,
khususnya teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan
sehari-hari, serta memahami dampak positif maupun
negatifnya.
3. Memahami deinisi komputer, komputasi dan sistem
komputasi, serta
menjelaskan bagian-bagian utama sebuah komputer dan
fungsinya.
4. Memahami bagaimana perangkat keras berinteraksi dengan
perangkat
lunak sistem dan piranti lain, juga cara menghubungkan
piranti
tersebut.
5. Mendeinisikan, mengolah, dan mengelola sekumpulan data
bervolume
kecil untuk tujuan tertentu, serta menyajikan informasi yang
didapat
dari data tersebut.
6. Membuat program dengan menggunakan blok visual.
7. Bekerja sama untuk menghasilkan sebuah karya sebagai
solusi atas
suatu persoalan, dengan menggunakan 6 (enam) kemampuan yang
sudah disebut di atas.
----Sekian dari saya Terima-kasih----
terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik.
ReplyDeleteajak kawan lainnya memberikan komentar
ReplyDeleteMantap
ReplyDeleteKeren! Best
ReplyDeleteWow Keren
ReplyDeleteKeren
ReplyDeleteSangat Keren
ReplyDeleteSaya membaca ini sampai habis
ReplyDeleteMantap Keren!
ReplyDeleteTerima Kasih
ReplyDelete