Tentang Informatika

 

---Informatika---

 

 

 

 

#1 Apa itu Informatika?

 

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan

pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar

perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan

pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan

masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam

bahasa Inggris informatics, computing, atau computer science.

Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam

pengembangan Sistem Komputer. Apa itu komputasi? Menurut KBBI,

komputasi adalah: (1) penghitungan dengan menggunakan komputer; (2)

dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan

atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang

diberikan.

Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan

suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat

lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda

berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan

                                                             
        Uploading: 27175 of 27175 bytes uploaded.

teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan

menyelesaikan persoalan. Siswa yang belajar informatika akan mendalami

bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi, baik yang mengandung

komputer maupun tidak.

 

#2 Perubahan Informatika

 

Setelah melalui perkembangan lebih dari 20 tahun, Informatika telah

menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini sudah berdiri sendiri. Informatika

dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu yang tersendiri karena membawa

seseorang ke suatu cara berpikir yang unik dan berbeda dari bidang ilmu

lainnya (computational thinking), sudah tahan lama (ide dan konsepnya sudah

berusia 20 tahun atau lebih, dan masih terpakai sampai sekarang), dan setiap

prinsip inti dapat diajarkan tanpa bergantung pada teknologi tertentu.

Semula, Informatika hanya diajarkan di tingkat perguruan tinggi. Sekarang,

di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, informatika sudah mulai

diajarkan di tingkat pendidikan dini, dasar, dan menengah.





Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut Industri 4.0. Dalam

Industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan

mesin cerdas berbasis komputer dan internet. Masyarakat sekarang ini

disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0) karena hidup di dunia isik sekaligus di

 

#3 Apa yang dipelajari dalam Informatika

 

Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong kalian untuk

mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan

(invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kalian diharapkan mampu

mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya untuk memahami

dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak

yang memudahkan kehidupan. Dengan mengombinasikan prinsip, praktik,

dan penemuan (principles, practice, and invention), kalian akan menjadi

kreatif dan merasakan manfaatnya. Karena tidak hanya teoretis, penerapan

informatika akan memberikan “surprise”, baik karena akan berefek bahwa

produk menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan berfungsi dengan baik

secara intelektual, bahkan dapat memunculkan seni keindahan (“that is so

beautiful”).

Kalian akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan informatika, yang dikelompokkan menjadi Berpikir Komputasional Teknologi Informasi

dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan

Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP),

Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Dalam

bahasa Inggris, bidang itu disebut: Computational Thinking (CT), Information

and Communication Technology (ICT), Computing System (CE), Computer

Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithms & Programming (AP), Social

Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP). Gambar 1.1 berikut

ini menggambarkan bidang-bidang pengetahuan atau elemen pengetahuan

informatika tersebut.

 

#4  Apa yang Dipelajari di Kelas VII?

 

Di akhir kelas VII nantinya, para guru berharap kalian akan mampu

melakukan beberapa hal berikut ini.

Agar kalian bisa menyiapkan diri menghadapi masa depan dengan

kemampuan yang mencukupi, dalam mata pelajaran Informatika ini,

kalian akan belajar hal-hal berikut ini.

1. Berpikir Komputasional: dalam materi ini, kalian akan belajar

menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya

mengandung berbagai macam konsep keilmuan seperti informatika,

matematika, sains, atau ilmu sosial.

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini, kalian

akan belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via surel,

menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola ile

dalam folder.

3. Sistem Komputer: dalam materi ini, kalian akan belajar mengenai

deinisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian

utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan

perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.



4. Analisis Data: dalam bagian ini, kalian akan belajar tentang pengelolaan

dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.

5. Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, kalian akan

belajar membuat program dengan menggunakan blok visual untuk

menghasilkan suatu karya kreatif.

6. Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, kalian akan belajar

mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun

negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan seharihari.

#5 Apa harapan para guru?

 

Di akhir kelas VII nantinya, para guru berharap kalian akan mampu

melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan persoalanpersoalan sehari-hari.

2. Memahami sejarah perkembangan, peranan, dan dampak teknologi,

khususnya teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan

sehari-hari, serta memahami dampak positif maupun negatifnya.

3. Memahami deinisi komputer, komputasi dan sistem komputasi, serta

menjelaskan bagian-bagian utama sebuah komputer dan fungsinya.

4. Memahami bagaimana perangkat keras berinteraksi dengan perangkat

lunak sistem dan piranti lain, juga cara menghubungkan piranti

tersebut.

5. Mendeinisikan, mengolah, dan mengelola sekumpulan data bervolume

kecil untuk tujuan tertentu, serta menyajikan informasi yang didapat

dari data tersebut.

6. Membuat program dengan menggunakan blok visual.

7. Bekerja sama untuk menghasilkan sebuah karya sebagai solusi atas

suatu persoalan, dengan menggunakan 6 (enam) kemampuan yang

sudah disebut di atas.







----Sekian dari saya Terima-kasih----

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

About Anggito Fadhilah Kautsar

Praktika Lintas Bidang